Anggaran DBJCHT Ciamis Rp 4,9 Miliar, Tapi Minim Sosialisasi di Media Massa 

oleh -11 views
Prioritas terhadap pemulihan

INSIDEN24 – Prioritas terhadap pemulihan ekonomi masyarakat merupakan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun 2020. Dengan  percepatan pemulihan sosial ekonomi masyarakat itu diharapkan segera menuju pencapaian kemandirian.

Kegiatan yang berlangsung Selasa (26/1/2021) siang melalui video conference dari Ruang Vidcon Setda Kabupaten Ciamis itu dipimpin langsung Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarnya MM dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2022.

Herdiat menyampaikan,   Musrenbang dengan tema pembangunan tersebut merupakan kelanjutan pembangunan pada tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara berkesinambungan. Diketahui bahwa pembangunan di Kabupaten Ciamis mengalami kemajuan di berbagai bidang.

Diantara prestasi penghargaan yang telah diraih yaitu Adipura, Adiwiyata, program Kampung Iklim, Opini WTP atas Laporan Keuangan, Wahana Tata Nugraha, Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama dan lainnya.

“Tentunya saya mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala kerja sama juga hasil kerja keras pemerintah daerah beserta seluruh komponen masyarakat dan dukungan dari berbagai pihak, ” ucap Herdiat.

Bupati menyampakan, untuk hasil evaluasi sementara capaian pembangunan Kabupaten Ciamis yakni Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2019 mencapai 70,39 poin atau mengalami peningkatan sebesar 0,76 poin dibandingkan tahun 2018 sebesar 69,63 poin. Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) pada tahun 2019 mencapai 5,38 persen, melambat sebesar 0,05 persen dibanding tahun 2018 yang mencapai 5,44 persen.

“Selain itu persentase penduduk miskin pada tahun 2019 mencapai 6,65 persen atau menurun sebesar 0,57 persen dibandingkan tahun 2008 besar 2018 sebesar 7,22 persen,” ujarnya.

Mengenai kemantapan jalan kabupaten, pada tahun 2019 telah mencapai 71, 716 persen atau mengalami peningkatan sebesar 0,89 persen dibandingkan dengan kondisi tahun 2019 yang mencapai 70, 826 persen.

“Makanya, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan salah satu dokumen perencanaan pembangunan tahunan di daerah Ciamis,” tuturnya.

Herdiat menyampaikan, bahwa RKPD disusun melalui berbagai tahapan diantaranya adalah musrenbang RKPD di kecamatan yang merupakan forum antarpemangku kepentingan untuk penajaman. Penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan diintergrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

“Kami sampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2022 di kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 26 Januari sampai 9 Ferbuari 2021,” ucap Herdiat.

Bupati  berharap, melalui musrenbang ini dapat disusun rencana program dan kegiatan yang betul-betul prioritas dan strategis, sehingga pada gilirannya mampu memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Tatar Galuh Ciamis.  “Tentunya ditandai dengan pencapaian target indikator kerja pembangunan yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Ditambahkan Kepala  Bappeda Kabupaten Ciamis Andang Firman, pada Musrenbang atau RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2022 di kecamatan, selain menjadi masukan untuk penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2022 diharapkan sebagai masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2022. (Rls/Hay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.