Mahasiswa dan Himpunan Alumni IPB Optimalisasi Lahan Kering di Ciamis

oleh -7 views
Mahasiswa dan Himpunan Alumni

INSIDEN24 – Mahasiswa dan Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) optimalisasi lahan kering di Desa Budiharja, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ketua Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) IPB University 2021 Ciamis, Hamdan Sya’bani menyatakan, KKNT di masa pandemi Covid-19 tersebut pelaksanaannya secara domisili.

“Jadi, itu seperti kami melaksanakannya di Desa Budiharja, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Hamdan juga mengaku, ada tujuh mahasiswa IPB University yang merupakan mahasiswa dari Ciamis . Yaitu yang melaksanakan KKNT IPB University secara daring sejak PPKM.

“Namun, kami tetap semangat dan bertekad memajukan daerah,” paparnya.

Hamdan juga menjelaskan, Desa Budiharja tersebut merupakan desa yang terletak di sebelah selatan Gunung Sawal. Itu memiliki potensi dalam bidang pertanian, dengan luas lahan kering 155,05 ha.

“Maka, dalam menyikapi hal tersebut, mahasiswa KKNT IPB Ciamis bersama HA IPB bekerja sama dalam program optimalisasi lahan kering di Desa Budiharja,” jelasnya.

Hamdan lalu mengungkapkan, program optimalisasi lahan kering tersebut mulai dengan mewujudkan pembentukan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Budiharja.

“Jadi, kami bersama HA IPB dalam program Bina Desa 2021 bersinergi dan berupaya mewujudkan Desa Mandiri Pangan. Terlebih, dalam kondisi pandemi saat ini,” paparnya.

Hamdan juga menyatakan, dalam upaya mewujudkan hal tersebut, HA IPB dan KKNT IPB Ciamis 2021 membangun Kebun Bibit Desa dengan kapasitas hingga 5000 bibit.

“Jadi, kami memproyeksikan untuk pembibitan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Itu guna mendukung pelaksanaan KRPL di Desa Budiharja,” jelasnya.

Hamdan lalu menjelaskan, kebun bibit desa yang akan mendukung program KRPL tersebut.

“Maka, kami berharap akan membantu Desa Budiharja mewujudkan peningkatan ekonomi desa. Itu mulai dari peningkatan kualitas gizi, pemilihan varietas dan sarana edukasi masyarakat hingga siswa,” harapnya.

Mahasiswa dan Himpunan Alumni IPB Bersyukur Dapat Bersinergi Dalam Program Biana Desa

Ketua DPC HA IPB Kabupaten Ciamis, Indra Gunawan lalu menjelaskan, dari beberapa kota dan kabupaten HA IPB mendukung Pembangunan Kebun Bibit di Desa Budiharja.

“Maka, kami bersyukur dapat bersinergi dalam program Bina Desa HA IPB 2021 dengan Program KKNT IPB University 2021 di Desa Budiharja. Semoga dapat memicu kolaborasi serupa di desa lain di berbagai daerah,” tuturnya.

Kemudian, menurut keterangan Kepala Desa Budiharja, Jujuk Wahjudiana S.IP, dengan potensinya di bidang pertanian, maka menerima dengan penuh terima kasih atas program KKNT IPB Ciamis serta HA IPB 2021.

“Sebab, ini sejalan dengan program desa tahun depan. Maka, Alhamdulillah dengan adanya kerja sama ini, program ini dapat terlaksana,” paparnya.

Jujuk juga menambahkan, dari pangan lestari di kawasan rumah, nantinya juga akan merperkuat pertanian di desanya.

“Maka, dengan adamya pemilihan jenis dan varietas terbaik, nantinya pembibitan dapat diperluas untuk peningkatan nilai ekonomi di desanya,” harapnya. (Aceng/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.