Tagana Pangandaran dan Airnav Indonesia Gelar Operasi di Pantai Karangtirta

oleh -3 views
Tagana Pangandaran

INSIDEN24 – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran dan Airnav Indonesia menggelar operasi pembersihan sampah laut dan penanaman mangrove di Muara Pantai Karangtirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (24/8/2021).

“Kegiatan kali ini Tagana Pangandaran berkolaborasi dengan Airnav yakni lembaga perusahaan BUMN yang memiliki tugas sebagai penyedia pelayanan navigasi penerbangan nasional dan internasional. Kami mendapat sumbangan dari Airnav sebanyak 2.000 bibit mangrove yang akan di tanam secara bertahap,” kata Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran Nana Suryana.

Menurut Nana, penanaman di lakukan bersama-sama oleh anggota Tagana Pangandaran dan sejumlah siswa penerbangan. Kegiatan ini di gelar untuk mendukung program mitigasi bencana di Kabupaten Pangandaran.

“Juga melestarikan mata pencaharian masyarakat Pangandaran khususnya di Desa Sukaresik,” katanya.

Kata Nana, selain penaman mangrove pihaknya juga melaksanakan operasi pembersihan sampah laut. Kegiatan ini rutin di laksanakan agar laut bersih dan asri serta tidak kumuh.

“Kegiatan seperti itu akan terus dilakukan secara rutin. Dengan siapa pun pihaknya siap melaksanakan kegiatan penyelamatan laut dari abrasi. Penanaman mangrove akan terus di lakukan secara kontinyu. Bahkan mangrove yang sebelumnya kami tanam sekarang sudah tumbuh besar dan bisa menahan abrasi laut,” ucap Nana.

Adapun kegunaan pohon mangrove banyak, sehingga pihaknya akan terus menanam mangrove di bibir pantai di Kabupaten Pangandaran. Selain lingkungan menjadi hijau, tanaman mangrove juga menambah oksigen dan bisa menahan abrasi laut. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.