Orang dengan Gangguan Jiwa di Panjalu Sering Rusak Kebun dan Jarah Rumah Warga, Seperti Punya Ajian Halimunan

oleh -5 views
Orang dengan Gangguan Jiwa

INSIDEN24 – Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berinisial M (40) sering merusak kebun dan menjarah rumah warga di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ia pun di evakuasi pada Jumat (27/8/2021) siang oleh petugas Rumah Sakit Jiwa dr H Marjzoeki Mahdi (RSJMM) dari kediamannya di Desa Maparah Kecamatan Panjalu KabupatenCiamis.

Tim Evakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) RSJMM Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSJMM Bogor Iyep Yudiana, mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi M yang sudah tahunan menderita gangguan jiwa.

“Sebetulnya keluarga dan aparat pemerintahan sangat peduli dengan kondisi M. Namun karena sering kabur-kaburan sehingga menyulitkan penanganan pasien,” ujar Iyep sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM Bogor.

Bahkan, kata Iyep, M sering merusak kebun dan menjarah rumah warga untuk menggambil makanan dan barang-barang.

“Akhirnya pernah dipasung oleh warga dengan kayu, rantai dan gembok untuk mengamankan M dan menjaga keamanan lingkungan. Namun beberapa kali M bisa meloskan diri, seperti punya ajian Belut Putih atau Halimunan. Sampai di tahan di Polsek Panjalu.” ujarnya.

Kata Iyep, pihaknya berupaya dengan bergerak cepat melakukan koordinasi dengan lintas sektor terkait di Ciamis untuk melakukan penanganan.

“Setelah ada kesepakatan dengan pemerintah setempat dan keluarga, selanjutnya kami tangani secara medis dan mengevakuasinya,” ucapnya.

Iyep menyebutkan, untuk penanganan pascarawat, pihaknya telah sepakat dengan keluarga dan masyarakat.

“Karena sebelumnya ada penolakan dari sebagian warga bila M kembali lagi ke tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Prosedurnya, kata Iyep, M akan  menjalani perawatan, pengobatan, dan rehabilitasi selama tiga minggu ke depan.

“Harapan kami ia segera sembuh dan bisa normal kembali ke keluarganya,”  ujarnya. (Ceng/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.