Kelompok Tani di Ciamis Selatan Dapat Bantuan Alat Pertanian Dari Anggota DPR-RI

oleh -10 views
Kelompok Tani di Ciamis

INSIDEN24 – Kelompok Tani di Ciamis selatan dapat bantuan alat pertanian dari Anggota DPR RI, Didi Irawadi Syamsuddin dari Partai Demokrat.

Pemberian bantuannya, Senin (30/8/2021) pagi dan berlangsung di Kecamatan Lakbok, Purwadadi serta Banjarayar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bantuan tersebut juga diberikan ke dua Kelompok Tani di Kecamatan Lakbok. Bantuannya juga berupa 1 unit traktor yang diberikan kepada Kelompok Tani GP3A Tani Makmur Desa Sukanagara, Lakbok. Kemudian, ada juga bantuan 1 unit Kultivator, 2 unit pompa air 3 inc dan 2 unit mesin pemotongan yang juga di berikan kepada Kelompok Tani Gebangsari, Desa Kertajaya, Lakbok.

Selain bantuan untuk pertanian, ada juga pemberian bantuan nominal uang. Itu untuk membantu pengelolaan penunjang fasilitas aktivitas keagamaan masjid, yakni DKM Nurul Huda Kecamatan Lakbok Ciamis.

Kelompok Tani GP3A Tani Makmur juga mengelola sekitar 20 hektar lahan pertanian padi. Sedangkan, untuk Kelompok Tani Gebangsari mengelola 45 hektar lahan pertanian padi.

Kemudian, ada juga bantuan untuk Kelompok Tani di Kecamatan Purwadadi. Itu berupa 1 unit traktor untuk Kelompok Tani P3A Batu Kasur Desa Karangpaningal. Serta, 1 unit traktor untuk Kelompok Tani Nusarahayu Desa purwajaya. Itu juga ada pemberian bantuan keagamaan berupa nominal uang untuk Musala At-Taheriyah.

Selanjutnya, ada untuk Kelompok Tani P3A Batu Kasur yang mengelola sekitar 25 hektar lahan pertanian padi. Sedangkan, Kelompok Tani Nusarahayu mengelola 25 hektar lahan pertanian padi.

Bantuan juga ada untuk Kelompok Tani di Kecamatan Banjaranyar. Itu berupa 1 unit traktor untuk Kelompok Tani Wargi Saluyu III Desa Cigayam. Serta, 1 unit traktor untuk Kelompok Tani Girimukti Desa Cigayam. Kemudian, ada juga bantuan sejumlah uang untuk aktivitas keagamaan bagi DKM Masjid Ar-Rohmah.

Kelompok Tani Wargi Saluyu III dan kelompok Girimukti 1  Desa Cigayam tersebut juga mengelola sekitar 10 hektar lahan pertanian padi.

Kelompok Tani di Ciamis Selatan Somoga Bisa Optimalkan Bantuan

Didi Irawadi juga menyampaikan, bantuan untuk pertanian tersebut merupakan hasil ikhtiar perjuangan. Maka, Ia berharap bantuan tersebut dapat menjadi berkah dan manfaat untuk masyarakat.

“Kami hari ini berkeliling ke sejumlah titik di sana sambil mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Bantuan tersebut tentunya untuk sektor pertanian dan membantu pengelolaan fasilitas keagamaan,” jelasnya.

Didi juga menuturkan, sektor pertanian harus terus dioptimalkan di tengah masa sulit pendemi Covid-19. Sebab, harapan dari pertanian tersebut bisa mampu membantu perekonomian masyarakat.

“Itu seperti pertanian di Purwadadi, Lakbok dan Banjaranyar ini harus kita dukung. Maka, adanya bantuan ini berharap bisa menjadi motivasi untuk berinovasi terus dan meningkatkan produksi,” paparnya.

Didi juga menjelaskan, sejak tahun 2019, pihaknya secara konsisten memberikan bantuan kepada sektor UMKM di Ciamis. Terutama, untuk bantuan penunjang fasilitas alat pertanian.

“Jadi, saya bersama anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Hakimah akan melakukan sosialisasi dan menyerap aspirasi masyarakat,” paparnya.

Didi juga menambahkan  Kecamatan Lakbok, Purwadadi dan Banjarsar Kabupaten Ciamis menjadi wilayah yang di prioritaskan Pemkab Ciamis untuk sektor pertanian. Khususnya, menjadi sentra ketahanan pangan untuk Kabupaten Ciamis dan wilayah Jawa Barat.

“Apalagi, sumbangsih hasil pertanian menjadi salah satu penyokong ekonomi Kabupaten Ciamis. Terutama, saat pandemi Covid-19. Pertanian juga menunjukman grafik hasil produksi yang terus meningkat,” paparnya. (Ceng/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.