Selamatkan Korban Tenggelam di Sungai Citalahab, Simulasi Medan Berat Tagana Ciamis dan Karang Taruna Sidamulih

oleh -18 views
Selamatkan Korban Tenggelam di Sungai Citalahab

INSIDEN24 – Selamatkan korban tenggelam di Sungai Citalahab, simulasi Tagana Kabupaten Ciamis dan Karang Taruna Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican , Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kali ini berlangsung di medan cukup berat.

Senin (6/9/2021) pagi, simulasi selamatkan korban tenggelam berlangsung di Sungai Citalahab, Desa Sidamulih  Kecamatan Pamarican, Kabupaten Camis.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, aksi menyelamatkan korban tenggelam di Sungai Citalahab itu sebagai simulasi saja.

“Kami adakan latihan bareng dengan Karang Taruna Desa Sidamulih dalam rangka mengasah kemampun para anggota Tagana,” katanya.

Ade menyampaikan, latihan ini perlu rutin agar anggota tidak kaku dan terbiasa dalam melakukan penyelamatan korban ternggelam di air.

“Jadi, semua anggota Tagana wajib bisa berenang dan mampu menyelam, serta menyelamatkan korban tenggelam,” ujarnya.

Ucap Ade, latihan ini juga sebagai bentuk menularkan ilmu  kepada Karang Taruna Sidamulih. Sehingga mereka juga bisa punya bekal cara menyelamatkan korban yang tenggelam.

“Selain itu kami latih juga cara mendayung perahu, terjun dari jembatan mengunakan tali, serta latihan dasar lainya,” ujarnya.

Ade menyebutkan, anggota Tagana itu selain melakukan latihan penyelamatan korba tenggelam, mereka juga harus mengasai berbagai medan penyelamatan lain. Seperti ada kejadian longsor, angin kencang dan berbagai bencana lain.

“Kami tekankan kepada semua anggota agar benar-benar cepat tanggap bila ada kejadian berbagai bencana. Bila ada informasi ada bencana, harus cepat meluncur ke lokasi membantu masyarakat,” ujarnya.

Tagana juga harus siaga selama 24 jam. Menurut Ade, jika ada bencana bukan menghindar tapi harus terjun ke lokasi.

“Penyelamatan paling kita utamaka, terutama yang menyangkut nyawa manusia,” tuturnya. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.