Gedung Sarana Pembelajaran Berstandar Industri Dibangun SMK Al-Iklas 

oleh -6 views
Gedung Sarana Pembelajaran

INSIDEN24 – Gedung sarana pembelajaran berstandar industri dibangun SMK Al-Iklas Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, kemarin. Pelaksanaanya, sosialisasi dan peletakan batu pertama pembangunan gedung.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Ikhlas, KH. Kurdi, menyatakan, pembangunan gedung itu mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK).

“Sekolah di bawah naungannya merupakan satu dari dua SMK di Kabupaten Ciamis yang mengembangkan SMK Pusat Keunggulan untuk tahun 2021,” jelasnya.

Menurut Kurdi, fasilitas yang akan dikembangkan adalah penyusunan pola pebelajaran yang diselaraskan dengan kebutuhan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA).

“Pembangunan gedung sarana pembelajaran berstandar industri,” jelasnya.

Kurdi menambahkan, program keahlian yang dikembangkan di sekolahnya fokus ke sektor ekonomi kreatif.

“Kami juga fokuskan pengembangan ini ke ekonomi kreatif. Itu melalui program keahlian Tata Busana di sekolah kami,” terangnya.

Sementara, Haris Harsin, mewakili Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah XIII menyatakan, pusat Keunggulan SMK merupakan upaya pemerintah dalam pengembangan SMK.

Yaitu, dengan program keahlian tertentu untuk meningkatkan kualitas dan kinerja sekolah. Serta, memperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA),” paparnya.

“Harapan kami, SMK Al-Ikhlas dapat menjadi SMK rujukan. Serta, pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya,” paparnya.

Camat Panawangan, Iwan Setiawan juga menyambut baik program pemerintah bagi SMK yang ada di wilayah kerjanya. Menurutnya, sekolah yang jauh dari Ibu Kota/Kecamatan ini sudah mampu berinovasi mengembangkan SMK menjadi Pusat Keunggulan.

Kemudian, Iwan yang sebelumnya juga di dunia pendidikan menambahkan, sekolah harus memiliki pola pembelajaran, sarana dan prasarana yang berstandar Industri.

“Keterlibatan DUDIKA juga harus mampu mendorong pengembangan SMK Pusat Keunggulan,” pungkasnya. (Ceng/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.