Pelajar Harus Menjadi Pejuang Sadar hukum dan HAM

oleh -9 views
Pelajar Harus Menjadi Pejuang

INSIDEN24 – Pelajar harus menjadi pejuang sadar hukum dan HAM (Hak Asi Manusia), itu pernyataan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Tepatnya, Kamis (16/9/2021) pagi, di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis saat pengkuhan pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH dan HAM). Sekaligus, memberikan Penobatan Duta Hukum dan HAM Kabupaten Ciamis Tahun 2021.

Herdiat juga menerangkan, FPSH dan HAM merupakan wadah bagi pelajar untuk menerapkan pentingnya sadar hukum dan HAM.

“FPSH dan HAM berperan sebagai tombak menyosialisasikan kesadaran hukum dan HAM di kalangan pelajar. Semoga para pelajar yang baru di kukuhkan agar menjadi pejuang dalam hal sadar HUKUM dan HAM di Kabupaten Ciamis,” terangnya.

Ia pun berpesan kepada para pengurus FPSH dan HAM Ciamis agar generasi muda harus memiliki semangat tinggi untuk memiliki kesadaran hukum dan HAM. Maka, harus terus secara sinergis dan berkesinambungan sebagai harapan masyarakat yang akan datang.

“Generasi penerus harus memiliki fundamen yang kuat dan mental kuat. Tidak mudah menyerah dan memiliki semangat tinggi demi keberlangsungan bangsa kita,” paparnya.

Pelajar Harus Menjadi Pejuang Sadar Hukum dan  Generasi Muda Cerminan Bangsa di Masa Depan

Menurut Bupati Herdiat, generasi muda adalah cermin bangsa di masa depan. Proses pembangunan dan berjalannya roda generasi harus diperhatikan. Itu termasuj perkembangan zaman dimana pemuda kini harus disiapkan sedini mungkin,” ucap Herdiat.

Di era serba digital ini, pelajar juga memiliki tantangan yang berbeda dengan situasi masa lalu. Saat ini, zaman yang serba digitalisasi selain memperluas juga mempersempit interaksi. Bahkan, banyak anak muda yang terhanyut dunia maya dan mereka lupa tidak terlibat secara langsung dalam sosialisasi secara nyata.

“Kita juga semuanya di Indonesia, khususnya Ciamis sama-sama sedang berperang dengan Covid-19. Kita juga memerlukan pemuda pemudi aktif dan peduli akan kondisi sosial. Serta, tentunya, sadar akan pentingnya hukum dan HAM,” imbuhnya.

Kata Herdiat, semoga forum ini mampu menjadi wadah melatih dan meningkatkan karakter di kalangan pelajar. Serta, bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran hukum dan HAM di kalangan masyarakat.

Diakhir sambutannya, Bupati Herdiat pun menyampaikan selamat kepada pengurus yang baru dilantik.

“Selamat berjuang dan selamat bertugas, kita harus mempunyai jiwa pantang menyerah dan kuat, rela berkorban terutama waktu tenaga dan pikiran. Insya Allah bermanfaat bagi masyarakat khususnya Tatar Galuh Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Menurut Keterangan Pembinaan Kesadaran Hukum Provinsi Jawa Barat, Ida Suciati Mandirisari menjelaskan FPSH dan HAM hadir untuk mewujudkan kesadaran hukum tingkat pelajar dan pemuda.

“Ini menjadi wadah sebagai bakal calon pemimpin masa depan. Sebab, suatu saat, mereka akan terjun kepada masyarakat untuk menyebarkan nilai positif kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, melalui FPSH dan HAM ini, para pelajar diharapkan bisa memahami adab yang baik. Serta, memahami aturan baik tertulis maupun tidak tertulis.

“Atas nama ketua Pembinaan Kesadaran Hukum Jabar, menyampaikan terimakasih kepada Pemda Ciamis yang telah mendukung FPSH. Yakni, sebagai upaya pendidikan karakter di kalangan pelajar dan pemuda,” tuntasnya. (Ceng/Rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.