Rumah Petani, Guru, dan Lansia di Ciamis Hancur Akibat Bencana Alam

oleh -31 views
Rumah Petani

INSIDEN24 – Rumah petani, guru, dan warga lansia (lanjut usia) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, hancur akibat bencana alam, Selasa-Rabu (14-15/9/2021). Kejadian berlangsung di empat kecamatan  yakni Ciamis, Banjarsari, Sadananya, dan Rancah Kabupaten Ciamis.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, dalam dua hari ini ada beberapa laporan yang masuk mengenai bencana alam.

“Kami ketahui musibah terjadi sejak hujan serta angin kencang yang melanda Kabupaten Ciamis,” ujarnya, Rabu (15/9/2021).

Kata Ade berdasarkan data yang masuk, rumah petani yang rusak yakni milik Yayan Sutaryana (46) warga Dusun Kertahayu RT 035 RW 009 Desa Kertahayu , Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

“Kami ketahui rumahnya rusak karena tertimpa pohon petai dan sudah berhasil kami evakuasi,” ujarnya.

Tambah Ade,  kedua adalah rumah Maman (40) warga  Dusun Kertahayu RT 01 RW 12 Desa Sindangrasa Kecamatan/Kabupaten Ciamis.

“Rumahnya ambruk karena kondisinya sudah lapuk, serta ada guyuran hujan juga,” ujarnya.

Ucap Ade, ketiga adalah rumah yang tertimpa pohon albasiah milik seorang guru, Wahyudin (50) warga Dusun Pahauran RT 02 RW 06 Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis.

“Bagian atapnya kami ketahui rusak dan berhasil kami evakuasi,” ujarnya.

Data keempat, kata Ade, adalah rumah lansia milik Oyoh (75) warga Dusun Cukang Uncal RT 02 RW 06 Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis juga ambruk.

“Kami ketahui kondisinya lapuk dan ada penyebabnya juga karena guyuran hujan,” ucapnya.

Tambah Ade, data kelima adalah rumah terimpa pohon milik Warmana (40) warga Kadujangkung  Desa Bojong Gedang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis.

“Bagian gentengnya rusak, serta ada beberapa rumah juga yang gentengnya sedikit berterbangan tertiup angin,” ucapnya.

Lanjut Ade, dalam semua kejadian bencana itu tidak sampai ada korban jiwa, namun kerugian material. “Kami ingatkan masyarakat saat musim hujan ini tingkatkan kewaspadaan,” ucapnya. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.