Sinergitas Pramuka Kwarran Banjaranyar Hijaukan Anak Sungai Ciputrahaji 

oleh -20 views
Sinergitas Pramuka

INSIDEN24 – Sinergitas Pramuka Kwaraan  Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dalam menghijaukan anak Sungai Ciputrahaji.

Kegiatannya, Senin-Selasa (20-21/9/2021) pagi di sepanjang anak Sungai Ciputrahaji Kecamatan Banjarayar, Kabupaten Ciamis.  Dalam acara tersebut, hadir juga Ketua DPRD Ciamis, H Nanang Permana yang juga sebagai Ketua Kwarcab Pramuka  Kabupaten Ciamis.

Anggota Pusdiklatcab Pramuka Kabupaten Ciamis, Yayat Hayatul Hasani alias Opet menyatakan, acara kali ini adalah penghijauan. Yakni, dengan menanam  berbagai jenis pohon, seperti aren 45 batang, pohon picung 150 barang dan pohon kemiri 35 batang.

“Jadi, kami tanam sepanjang anak Sungai Ciputrahaji dengan tujuan sungai hijau dan tidak abrasi. Sekaligus, penahan air agar tidak menjadi luapan ke pemukiman,” jelas Opet yang juga pelatih pembina di pramuka.

Opet jugamenyampaikan, kegiatan ini selama dua hari dalam rangka Latihan Dasar Kepemingpinan (LDK) Pramuka Penegak Kwarran Banjaranyar.

“Namun, kami terapkan juga kepada mereka mengenai nilai-nilai penting dalam LDK dalam melestarikan dan memelihara alam,” ucap Opet yang juga Guru Kelas MI Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

Menurut penjelasan Opet, dalam acara tersebut juga mengedepankan sinergitas pramuka dengan berbagai kalangan. Itu mulai dari peserta LDK yang hanya 30 orang. Kemudian, bersinergis dengan 59 orang pendukung aksi penghijauan dari berbagai organisasi.

“Maka, semua kalangan terjun dalam penghijauan di anak Sungai Ciputrahaji,” jelasnya.

Lanjut Opet, yang terlibat dalam acara tersebut seperti Pengurus Kwarran Banjaranyar, DKR Banjaranyar, GSR, Pendaki Dines Ciamis.

Bahkan, hingga Rakom Lakbok, para kepala Desa se-Kecamatan Banjaranyar, Pecinta Alam Sejati Indonesia (PAS) korwil Priangan timur Kota Ciamis. Adapula, yang hadir, Sispala Rujak Pala dan masyarakat Desa Cigayam.

“Kami juga berterimakasih kepada semua pihak hingga acara LDK dan penghijauan ini lancar,” paparnya.

Pihaknya juga berterimakasih kepada 30 peserda LDK yang ikut dari SMK Pasawahan, SMAN 2 Banjarsari dan SMK Al-Ikhlas Susuru Panawangan.

“Semoga para peserta LDK dari berbagai sekolah itu dapat ilmu yang bermanfaat,” tutupnya. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.