Pergi Lupa Mematikan Tungku di Dapur, Rumah di Pawindan Ciamis Terbakar

oleh -4 views
Pergi Lupa Mematikan Tungku

INSIDEN24 – Pergi lupa mematikan tungku di dapur, rumah permanen hangus terbakar di Dusun Ranca Utama, RT 009 RW 011, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021) pada pukul 13.12 WIB.

Rumah yang terbakar hangus milik Ano (40) berukuran 3×4 meter persegi.

Ketua UPTD Pemadam Kebakaran Ciamis Wawan membenarkan pihaknya telah menangani kejadian kebakaran rumah permanen.

“Kami menerima laporan pukul 13.12, WIB tiba di lokasi 13.16 WIB respons time 4 menit, hingga masih bisa kami tangani dan api bisa padam. Jadi tidak sampai merembet luas hanya bagian dapur yang kena, ” ucapnya.

Wawan menyampaikan, hasil keterangan  saksi-saksi bahwa awal mula api diketahui dari tungku api di dapur yang langsung merembet ke atap rumah.

“Awalnya pemilik rumah pergi keluar  lupa mematikan tungku sehingga apinya masih menyala dan merembet, sehingga mengakibatkan kebakaran,” ujarnya.

Menurut Wawan, saat anggotanya memadamkan api, saat itu api hendak merembet ke bagian ruangan lain. Namun upaya itu bisa teratasi setelah menyemprotkan air dari berbagai sisi, hingga api bisa cepat padam.

“Penyebabnya jelas karena lalai, pemilik rumah ketika  pergi keluar rumah lupa mematikan tungku di dapur yang masih menyala,” ujarnya.

Imbau Wawan, kalau mau bepergian alangkah baiknya mengecek dapur atau peralatan yang bisa jadi akan memicu kebakaran. Baik tungk , kompor, lilin, obat nyamuk atau lainya.

“Jadi sebelum pergi harus safety mengecek bagian dapur, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran, ” katanya. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.