Penyebab Tewasnya 11 Pelajar MTs Harapan Baru Agar Diselidiki, Itu Penegasan Ketua DPRD Ciamis 

oleh -1 views
Penyebab

INSIDEN24 – Penyebab tewasnya 11 pelajar MTs Harapan Baru Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis agar diselidiki. Itu penegasan Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana di Rumah Dinas Ketua DPRD Ciamis, Ciamis Kota, Rabu (20/10/20201) siang.

Nanang menyampaikan, korban pelajar yang meninggal terdiri delapan orang laki-laki dan tiga perempuan. “Saya ikut bela sungkawa atas peristiwa tersebut,” ujar Nanang yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Ciamis.

Ia menambahkan, dari kejadian tersebut semua pihak agar bisa mengambil pelajaran. “Agar tidak terulang kembali,” ucapnya.

Nanang menegaskan agar kasus ini di selidiki apa yang menjadi penyebabnya.

“Alasannya apa anak di bawah umur dan dewasa di bawa ke wilayah itu. Bila nanti sudah d iketahui penyebab kenapa dan alasannya,  harus menjadi pelajaran semua pihak agar hati-hati melatih anak didik dan peserta didik,” ucapnya.

Harapan Nanang, kejadian ini tidak terulang kepada lembaga yang memiliki kewenangan, baik kewenangan institusi maupun sekolah-sekolah.

“Harus ada upaya pencegahan sejak dini bila akan melakukan kegiatan,” ucapnya.

Selain itu harus ada keterbukaan. Sekolah harus bisa menjelaskan bila ada kejadian. Kepada pembimbing pun harus hati-hati dalam melatih dan mendik anak.

“Saya contohkan, anak kalau dilatih jiwa sosial bersih-bersih lingkungan kenapa mesti di sungai. Seperti, Gerakan Pramuka Ciamis bersih-bersihnya tidak di sungai tapi di Pasar Ciamis, padahal itu orang dewasa,” tuturnya.

Nanang menerangkan, kalau tujuanya anak untuk kompak dan melatih keterampilan, harus ada permainan dan keberanian banyak, tidak harus ke sungai. “Ada bermain petak umpet, baren, tembak-tembakan pakai peluru kanyere.

Pokoknya banyak hal permainan dan melatih yang tidak berbahaya bagi anak-anak,” ujarnya. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.