Setiap Kegiatan Jangan Menantang Bahaya, Perhatikan Manajemen Risiko Bencana

oleh -1 views
Setiap Kegiatan Jangan Menantang Bahaya

INSIDEN24 – Setiap kegiatan jangan menantang bahaya, perhatikan manajemen risiko bencana.

Itu penuturan Ketua Umum Paguyuban Peduli Alam dan Lingkungan Galuh Asri (Pedal Gas) Kabupaten Ciamis Noer JM. Menurutnya, setiap menggelar  acara mesti di lakukan persiapkan dengan matang. Seperti kegiatan susur sungai yang merupakan bersih-bersih sungai  tidak terbatas di lakukan di pinggir, sempadan atau tengah.

“Tapi intinya adalah manajemennya atau bagaimana antisipasi bencananya. Ketika membersihkan sampah di tengah sungai harus memakai ban atau pelampung dan membawa karung untuk mengambil sampah,” kata Noer, Kamis (21/10/2021).

Noer juga menyampaikan, harus diketahui peserta yang akan melakukan bersih-bersih sungai juga harus diketahui siapa saja.

“Apakah akan mampu anak-anak SMP masuk ke sungai seperti itu. Intinya manajemen risiko bencananya harus dijalankan, ada persiapan benar-benar yang matang,” tuturnya.

Ucap Noer, selama ini Pedal Gas dalam mengadakan acara bersih-bersih sungai kalau tidak siap cukup di pinggir-pinggir saja.

“Bahkan kalau pesertanya banyak harus ada yang berkompeten untuk membimbing. Tujuannya untuk mengarahkan karena khawatir peserta terpeleset saat akan menyeberang,”  ucapnya.

Pada intinya, penegasan Noer, setiap kegiatan jangan menantang bahaya.

“Kalau yang dilakukan MTs Harapan Baru yang kemarin kan masih dalam PPKM lagi. Acara itu bagus, tapi harus melihat dulu kapasitas pesertanya,” ujarnya.

Lanjut Noer, lokasi juga harus ada perhitungan matang dan ada pemetaan dulu.

“Arah sungai arusnya bagaimana, jadi tidak bisa sembarang, sungai itu bisa engak untuk kegiatan. Apakah sungai itu arusnya bagaimana,” ujarnya.

Sepengetahuannya,  Sungai Cileueur sering banjir bandang mendadak (caah dengdeng), tiba-tiba air besar.

“Makanya harus ada pengawas di hulu, ada komunikasi dalam radius satu kilo meteran. Supaya ada informasi bahwa air debitnya naik atau tidak, jadi harus ada perhitungan segala sesuatunya, tidak gegabah,” katanya. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.