Kemerdekaan NKRI Tidak Lepas dari Perjuangan Santri Serta Para Ulama dan Kyai 

oleh -2 views
Kemerdekaan  NKRI

INSIDEN24 – Kemerdekaan  NKRI (Negara Kesatuan Repubik Indonesia) tidak terlepas dari perjuangan santri serta para ulama dan Kyai.

Itu pernyataan Ketua Yayasan eL-Bas Ciamis, Hj.Iis Siti Aisah yang juga mengaku bangga dan senang melihat siswa-siswi hingga dewan guru di lingkungan sekolah berpakaian ala santri. Walupun memang, mereka semua merupakan para santri ponpes Daarul Maarif Ciamis yang telah melekat kesantriannya.

“Namun, karena pada momentum sekolah, jadinya sangat berbeda,” jelas Iis saat  upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Jumat (22/10) di MTS dan Madrasah Aliyah eL- Bas Ciamis.

Kata Iis, kegiatan upacara HSN ini bagian dari mendukung program pemerintah. Bahkan, diakui atau tidak, kemerdekaan  NKRI selama ini tidak lepas dari perjuangan santri serta para ulama dan kyai.

“Bahkan, tema HSN tahun ini, kita ketahui, yakni, Santri Siaga Jiwa Raga,” jelasnya.

Iis juga berharap kepada para santri, semoga terus istiqomah untuk meningkatkan kemampuannya. Serta, kompetensinya, terutama pada bidang ilmu keagamaan.

“Kami juga berharap, para santri tidak henti-hentinya melaksanakan dakwah islamiah. Itu demi tegaknya kalimat La ilaha illallah,” ucapnya.

Menurut keterangan Kepala MA El Bas Ciamis, Drs Misbahudin M.Pd, rasa syukur dan Alhamdulillah seluruh siswa dan guru MAS eL-BAS dapat mengikuti upacara HSN ke-7.

“Maka, sesuai dengan tema HSN 2021, yakni Santri Siaga Jiwa dan Raga, Para santri semua berikrar siap menjadi generasi muda atau santri yang siaga setiap saat untuk menuntut ilmu. Serta, memperkuat keimanan dan siaga menjaga serta mempertahankan keutuhan NKRI dari berbagai ancaman,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap dari para santri, semoga akan lahir para pemimpin bangsa  yang akan datang dan memiliki akhlakul karimah. Serta, punya ilmu pengetahuan umum dan agama luas. Bahkan, juga memiliki keterampilan yang hebat dan memiliki semangat nasionalisme yang tinggi.

“Pada hari HSN ini, juga harus menjadi momentum bagi santri untuk terus meningkatkan kualitanya. Bahkan, harus juga ikut serta mengambil peran dalam pembangunan bangsa,” tuntasnya. (Ceng/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.