Inilah Tiga Raperda Usulan Pemkab Ciamis kepada DPRD, Masyarakat Perlu Tahu

oleh -2 views
Inilah Tiga Raperda

INSIDEN24 – Inilah tiga Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis tahun 2021 di luar Propemperda kepada DPRD Ciamis untuk dibahas lebih lanjut.

Raperda tersebut, pertama tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pemilihan, pengangkatan, dan pemberhentian kepala desa. Kedua, Raperda tentang Bangunan gedung, dan ketiga Raperda tentang Retribusi Bangunan Gedung.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjelaskan terkait tiga raperda yang di usulkan merupakan gagasan yang di dasarkan pada ketentuan Pasal 239 ayat (7) huruf e Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014. Dalam aturan tersebut menjelaskan tentang pemerintahan daerah, menyatakan bahwa dalam keadaan tertentu DPRD atau kepala daerah dapat mengajukan rancangan peraturan daerah di luar Propemperda.

“Kami mengusulkan tiga raperda tersebut karena alasan perintah dari ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Setelah program pembentukan perda di tetapkan dan merupakan upaya sinkronisasi dan harmonisasi regulasi daerah dengan regulasi nasional,” ujar Herdiat saat  Rapat Paripurna di Aula Sidang Paripurna DPRD Ciamis, Kamis (28/10/2021).

Selanjutnya, Herdiat pun menerangkan perihal rancangan peraturan daerah tentang bangunan gedung dan rancangan peraturan daerah tentang retribusi bangunan gedung. Hal itu, menurutnya, merupakan langkah penyesuaian pengaturan perizinan dan pendirian bangunan gedung yang ada di Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan ketentuan pengaturan dengan memperhatikan kelayakan lingkungan. Selanjutnya, juga memperhatikan tingkat risiko pendirian bangunan dan pertimbangan pengaruh sosial ekonomi geografis hadirnya bangunan gedung terhadap kehidupan masyarakat.

Sebagaimana dijelaskan pada Pasal 347 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang bangunan gedung.

“Kebijakan yang dimasukkan dalam Raperda merupakan langkah perbaikan pelayanan Pemerintah Kabupaten Ciamis terhadap masyarakat,” tuturnya.

Inilah Tiga Raperda Usulan Pemkab Ciamis, Bupati Apresiasi Saran dan Masukan Fraksi

Bupati Herdiat pun mengapresiasi atas  saran dan masukan yang di berikan seluruh fraksi.

“Kami mengapresiasi untuk dibahas lebih lanjut dalam tahap pembahasan raperda dengan senantiasa melakukan kajian. Serta evaluasi dan harmonisasi dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi maupun yang sederajat,” katanya.

Lanjut Herdiat,  sehingga hal itu akan memperoleh referensi yang lebih banyak dan raperda tersebut .

Apabila sudah di tetapkan menjadi peraturan daerah dapat berlaku efektif dan dapat di implementasikan.

“Terutama pada penyelenggaraan pemerintahan yang bertujuan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat, ” ucapnya.

Menurutnya, pembentukan peraturan daerah merupakan pekerjaan yang memerlukan pemikiran mendalam untuk menghasilkan produk hukum daerah yang baik.

“Dengan tidak mengesampingkan aspek kehati-hatian dan kecermatan, kami berharap dalam pembahasan nanti dapat memformulasikan klausul-klausul yang inovatif, ” tuturnya . (Ceng/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.