Puskesmas Panglayungan Gelar Vaksinasi AstraZeneca Dosis Kedua

oleh -14 views
puskesmas panglayungan
Rendra (52), warga Kelurahan Panglayungan Kota Tasikmalaya menjalani vaksinasi dosis kedua jenis AstraZeneca di Puskesmas Panglayungan. (Foto: Aln)

INSIDEN24 – Puskesmas Panglayungan Kota Tasikmalaya gelar Vaksinasi AstraZeneca dosis kedua yang diberikan kepada warga dengan interval 4-12 minggu, Rabu (1/11/2021).

AstraZeneca memang memiliki jarak atau interval yang cukup panjang antara dosis pertama dan kedua, karena antibodi terbaik yang terbentuk dari vaksin AstraZeneca didapat dari penyuntikan 12 minggu atau tiga bulan.

Oleh karens itu disela gelaran vaksinasi Covid-19 di luar AstraZeneca, Puskesmas Panglayungan menggelar vaksinasi dosis AstraZeneca bagi warga yang sudah menginjak masa intervalnya 4-12 minggu.

Budi Rahmat, tim Penanganan Kesehatan Covid-19 Puskesmas Panglayungan sebelumnya menganjurkan kepada masyarakat Kelurahan Panglayungan, Kota Tasikmalaya, yang sudah waktunya vaksin ke dua jenis AstraZeneca dengan interval tiga bulan bisa di vaksin ke Puskesmas Panglayungan.

“Kalau vaksin kedua ternyata kelewatan dari 12 minggu sebenarnya tidak apa-apa, tapi kalau bisa sesegera mungkin langsung divaksin dan mengikuti jadwal sesuai pemerintah,” jelas Budi.

Jenis vaksin Covid-19 setiap jenisnya memiliki dosis dan rentang waktu penyuntikan yang berbeda, ungkap Budi, dan tentunya masyarakat juga perlu mengetahui serta mengenal penggunaan setiap jenis vaksin tersebut.

Menurut Budi ada 4 (empat) jenis vaksin Covid-19 yang setiap jenisnya memiliki dosis dan rentang waktu penyuntikan yang berbeda diantaranya Vaksin Sinovac, Vaksin AstraZeneca (AstraZeneca Covid-19 Vaccine), Vaksin Moderna (Moderna Covid 19 Vaccine) kemudian Vaksin Pfizer.

Sementara itu, salah seorang peserta vaksinasi, Rendra (52), yang baru melaksanakan suntik vaksin ke dua jenis AstraZeneca mengatakan dirinya selalu menghitung waktu semenjak divaksin dosis pertama, pasalnya ia takut terlewati atau belum waktunya.

“Alhamdulillah akhirnya tiba juga waktunya vaksin ke dua AstraZeneca, soalnya lumayan lama Saya menunggu dari vaksin ke satu sampai ke dua hampr 3 bulanan lah saya menunggu,” ungkap Rendra. (Aln)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.