Mantan Kades Cibalanarik Diduga Korupsi Uang Dana Desa Rp 253 Juta

oleh -104 views
Mantan Kades Cibalanarik

INSIDEN24 – Mantan Kepala Desa (Kades) Cibalanarik Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, AR (56), diduga menyalahgunakan jabatan saat ia menjabat Kades Cibalanarik dengan melakukan korupsi uang Dana Desa Tahun Anggaran 2019. Tersangka AR hanya bisa tertunduk saat dihadirkan polisi dalam pers rilis di Mapolres Tasikmalaya, Rabu (8/12/2021) pagi.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Dian Pornomo mengatakan, dari perbuatan mantan kades itu negara dirugikan sekitar Rp 253 juta. Uang yang dikorupsi digunakan untuk kepentingan pribadi tidak sesuai peruntukannya dalam pembangunan di desa.

“Total kerugian negara sebesar Rp 253.224.922. Tersangkanya adalah eks kepala desa Cibalanarik AR menyalahgunakan anggaran Dana Desa Tahun 2019,” kata Dian.

Kasat menyampaikan, modus operandi yang dilakukan oleh AR ini pada tahun 2019. Saat itu menjabat sebagai Kepala Desa Cibalanarik mengelola Dana Desa.

“Sebagian uang Dana Desa yang dikorupsi telah digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya yaitu malah dipakai untuk kepentingan diri sendiri. Tidak digunakan untuk pembangunan,” ujar Dian.

Dalam perkara kasus korupsi ini, kata Dian, tersangka dikenakan Pasal 2 dan 3 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang ancaman hukumannya paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun.Akibat perbuatanya AR terancam kurungan empat sampai 20 tahun penjara.

AR sendiri mengakui uang yang dikorupsinya dari Dana Desa Tahun 2019 saat menjabat sebagai kepala desa digunakan untuk keperluan dirinya sendiri. “Iya, Pak, dipakai kepentingan pribadi tapi hanya puluhan juta yang saya pakai mah,” katanya. (Den/Rls)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.