Pabrik Penggergajian Kayu di Pamarican Hangus Terbakar, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

oleh -19 views
Pabrik Penggergajian Kayu

INSIDEN24 – Pabrik penggergajian kayu hangus terbakar, pemiliknya mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Pada Sabtu (18/12/2021) pukul 20.30 pabrik penggergajian kayu milik Marpudin (35) warga Dusun Pasirangin RT 20 RW 007 Desa Margajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis,

terbakar. Dugaan sementara kebakaran karena mesin panas bekas pengergajian kayu yang merembet ke serbuk kayu lalu terbakar.

Pernyataan Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi, berdasarkan saksi yang melihat dalam kejadian itu penyebab kebakaran belum dipastikan. Saksi hanya melihat api sudah membesar membakar pabrik.

“Namun dugaan sementara dari mesin yang panas sehabis pemotongan kayu yang mengakibatkan percikan api ke serbukan kayu,” ujarnya.

Kebakaran tersebut dapat ditangani setelah mobil pemadam kekabaran datang memadaman api bersama masyarakat.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, mamun korban mengalami kerugian materi puluhan juta rupiah,” ujarnya.

Kata Baehaki, kebakaran tersebut cukup besar dan bikin panik masyarakat. Beruntung masyarakat saat itu kompak memadamkan api dengan alat sedaanya, setelah mobil pemadam kebakaran baru terbantu dan padam.

“Memang api sulit dipadamkan mengingat banyak material yang mudah terbakar, hampir semua kayu terbakar,” katanya.

Baehaki mengimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Untuk yang punya pabrik kayu, agar lakukan pendinginan mesin karena bisa saja faktor dari mesin yang ditinggal dalam kondisi panas.

“Dinginkan dulu agar tidak timbul percikan api,” ucapnya. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.