Peringatan Hari Ibu Sebagai Bentuk Penghargaan Peran Ibu Dalam Keluarga

oleh -5 views
Usia tua rentan peduli orang tua. (Illustrassi /Pixabay)

INSIDEN24 – Pada zaman dulu Hari Ibu diperingati untuk menghormati jasa para pejuang perempuan dan juga sebagai penyemangat kaum perempuan.

Awalnya pada waktu dulu Hari Ibu nasional ditetapkan oleh Presiden Soekarno yang mana pada tanggal 22 Desember 1928 diselenggarakanlah Kongres Perempoean Indonesia 22–25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Pada waktu itu pula pemimpin organisasi perempuan dari berbagai daerah turut hadir untuk menyatukan pendapat dalam rangka mendukung kemajuan bangsa.

Oleh karenanya Peristiwa tersebut seolah menjadi tonggak sejarah penting yang menandai perjuangan kelompok wanita di Indonesia.

Pokok pembahasan pada pertemuan itu, mulai dari pembangunan bangsa, keikutsertaan perempuan dalam upaya meraih kemerdekaan, masalah perdagangan anak dan wanita, perbaikan gizi, dan kesehatan bagi ibu dan balita, hingga pernikahan usia dini.

Keputusan pada Kongres Perempuan Indonesia III tahun 1938 itu adalah bahwa pada tanggal 22 Desember selanjutnya akan diperingati sebagai hari ibu.

Kemudian Hari Ibu yang ke-25 dirayakan secara meriah di kurang lebih 85 kota di Indonesia. pada tahun 1953.

Melalui Dekrit Presiden No. 315 Tahun 1959, Presiden Soekarno pada akhirnya meresmikan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember.

Jadi peringatan Hari Ibu di zaman dulu adalah untuk menghormati jasa para pejuang perempuan dan juga sebagai penyemangat kaum perempuan.

Nah, di zaman sekarang bagaimana peringatan Hari Ibu? sekarang pada umumnya diperingati sebagai momen untuk berterima kasih kepada ibu yang telah mengandung kita selama 9 bulan dan atas jasa serta pengorbanan yang telah ibu berikan selama ini.

Hari Ibu merupakan hari peringatan sebagai bentuk penghargaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak dan lingkungannya.

Di hari ibu tidak perlu dengan memberi hadiah mewah atau mengadakan acara besar-besaran. Hari Ibu juga bisa dirayakan dengan memberi ucapan secara langsung dan yang terpenting kita dapat menyenangkan hatinya dengan sikap kita.

Sedikit berbagi contoh ucapan untuk ibu:

“Selamat Hari Ibu 2021, untuk ibu yang paling penyayang, berdedikasi, dan sabar di seluruh dunia.”
“Aku berharap semua orang bisa memiliki ibu sepertimu. Selamat Hari Ibu 2021.”
“Selamat Hari Ibu 2021 untuk orang yang mengenalku lebih baik daripada diriku sendiri.”
“Ibu memegang tangan anak-anak mereka sebentar, tapi hati mereka selamanya. Selamat Hari Ibu 2021.”
“Semoga saya selalu merasakan sentuhan hangatmu, Bu. Selamat Hari Ibu 2021.”
“Tidak ada yang memiliki pengaruh lebih besar dalam hidup saya selain engkau, Ibu. Selamat Hari Ibu 2021.”
“Saya jujur sangat bangga menjadi anakmu, Bu. Selamat Hari Ibu 2021.”
“Terima kasih telah membawaku ke dunia ini dan selalu melihat yang terbaik dalam diriku. Selamat Hari Ibu 2021.” (Aln)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.