Curug Cimanintin Salopa Tawarkan Relaksasi Alam

oleh -9 views

INSIDEN24.com,-Tak kalah mempesona curug Cimanintin Kecamatan Salopa tawarkan relaksasi alam.

Suasana sejuk dan menyegarkan seolah dapat menghilangkan penat selama aktifitas sehari-hari di kota.

Untuk menuju curug Cimanintin yang berada sekitar 40 km dari arah selatan Tasikmalaya di kawasan Gunung Bongkok bisa ditempuh melalui dua jalur, yaitu melalui Desa Tanjungsari atau Desa Mulyasari Kec. Salopa Kab. Tasikmalaya, karena keberadaannya diantara kedua desa tersebut.

Jalur menuju lokasi sangatlah indah, meski selebihnya harus di tempuh dengan berjalan kaki.

Namun sepanjang jalan menuju curug kita dusuguhkan pemandangan hamparan sawah disebelah timur sebelum masuk curug, dan jika kita melihat ke sebelah utara kita bisa lihat lereng gunung yang memanjang ke air terjun cimanintin, lereng gunung tersebut adalah lereng Gunung Aseupan dan Gunung Bongkok.

Pohon-pohon yang masih asli, hutan rimbun, perbukitan yang terlihat dari jauh, udara yang sejuk, tak heran curug Cimatintin ini menjadi primadona dan incaran para wisatawan yang sekedar ingin menikmati alam yang asri masih terjaga kebersihannya dan para pecinta petualang.

Harusnya destinasi wisata Curug Cimanintin ini aksesnya dibenahi lebih cepat, karena bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi bagi warga sekitar, yang berdampak pada kesejahteraan.

“Saat liburan tiba, pengunjung tidak pernah sepi, warung-warung pun menjadi ramai”, kata salah seorang pedagang gorengan disekitar jalan menuju curug Cimanintin.

Air terjun Cimanintin memiliki bentuk seperti tirai dan tidak berbahaya, bahkan kita bisa berenang dibawah curahan air terjunnya karena dangkal hanya sebatas perut saja.

Menurut sesepuh yang berada disana, asal mula curug cimanintin tersebut dikarenakan banyak burung manintin yang datang dari berbagai daerah kemudian bersarang di lereng curug dan di goa-goa sekitar curug tersebut, hingga sampai saat ini curug itu dikenal dengan Curug Cimanintin.

Pada jaman dahulu sekitar tahun1972 lereng/dinding curug cimanintin pernah dipakai oleh mahasiswa yang datang dari belanda dengan tujuan panjat tebing dan repling di dinding tersebut karena lereng Cimanintin sangat strategis untuk panjat tebing atau wisata hutan lainnya.(Ara)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.