TWA Papandayan Ada Peningkatan Pengunjung Wisatawan

oleh -9 views
Suasana di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. (Intagram/@papandayan_id)

INSIDEN24 – Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut di musim libur Natal dan tahun baru (nataru) 2022 ini mengalami peningkatan, Minggu (2/1/2022).

Namun Manager TWA Gunung Papandayan, Dedi Sitepu menyampaikan, bahwa tingkat kunjungan wisatawannya tidak menunjukan peningkatan yang signifikan.

“walaupun di masa pandemi namun pemerintah telah memberikan akses membuka tempat wisata, dan Alhamdulillah di libur nataru ini pengunjung mengalami peningkatan walau tidak signifikan, terimakasih kepada pemerintah yang sudah memberi akses membuka tempat wisata,” ujar Dedi.

Wisatawan yang datang ungkap Dedi, masih pengunjung lokal, seperti dari Tasikmalaya, Bandung, Ciamis, Karawang, dan daerah lainnya.

Saat ini, wisatawan sudah bisa berkunjung ke kawasan wisata kawah, hiking ke Hutan Mati, atau berswafoto ria di kawasan bunga Edelweis.

Dan tidak hanya itu, berendam di air panas belerang, kemah, dan menikmati pemandangan matahari terbit pun sudah bisa dilakukan.

“Kalau per hari pengunjung di angka 200-250 orang, yang palingbanyak pengunjung di akhir pekan jumlahnya sekitar 1000-an.” kata Dedi.

Di pintu masuk TWA Gunung Papandayan di terapkan protokol kesehatan, setiap pengunjung diharuskan memakai masker.

Selain itu ungkap Dedi, di pintu masuk pengunjung harus memperlihatkan barkode vaksinasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

“Fasilitas protokol kesehatan sudah kita siapkan di lokasi dari mulai pencuci tangan, hand sanitizer, dan lainnya,” kata Dedi.

Jumlah pengunjung yang kemping di TWA Gunung Papandayan masih relatif sedikit bila dibandingkan dengan pengunjung yang pulang pergi.

Melalui pengeras suara pihak TWA Gunung Papandayan mengingkatkan kepada pengunjung agar menghindari tempat-tempat yang rawan terjadinya longsor dan juga wajib mentaati protokol kesehatan.

“Ya di musim hujan seperti sekarang ini, kami selalu mengingkatkan kepada pengunjung agar selalu berhati-hati dan menjauhi lokasi yang rawan terjadinya longsor,” pungkas Dedi.

TWA Gunung Papandayan menawarkan keindahan alam yang memukau dan sayang untuk dilewati apabila sedang berlibur di Garut Jawa Barat.

Salahsatu hal yang menjadi daya tarik dari Gunung papandayan adalah terdapat beberapa kawah yang terkenal yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak,Kawah Manuk.

Secara alami memperlihatkan keindahan alam di kawah-kawah tersebut yang terlihat mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. (Aln)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.