Fenomena Aphelion: Jarak Bumi lebih Jauh dari Matahari, Waspadai Cuaca Dingin!

oleh -22 views
Jarak Bumi dengan Matahari akan mengalami titik terjauh. (Ilustrasi/Pixabay)

INSIDEN24 – Mulai kamis (6/1/2022) jam 05.27 letak Bumi akan sangat jauh dari Matahari, kita akan mengalami Fenomena Aphelion.

Aphelion berasal dari bahasa Yunani kuno, dimana apo artinya jauh, dan helios artinya Matahari.

Matahari akan berada di titik terjauh dari bumi mulai kamis sehingga akan terasa perbedaan cuaca dari sebelumnya

Kita bisa merasakan dampaknya namun tidak bisa melihat fenomena tsb, Ini akan berlangsung sampai bulan Agustus.

Baca juga: Perlunya Monitoring Pihak Keamanan dalam Persiapan Kegiatan Pilkades Serentak

Kita akan mengalami cuaca yang dingin melebihi cuaca dingin dari sebelum sebelumnya.

Berdasarkan penelitian jarak Bumi ke Matahari perjalanan 5 menit cahaya atau 90.000.000 km. Fenomena Aphelion menjadi 152.000.000 km. 66% lebih jauh.

Bumi mengorbit Matahari dalam lintasan berbentuk elips, yang berarti terdapat satu titik pada lintasan yang paling dekat dengan Matahari dan satu titik yang terjauh dari Matahari.

Bentuk jalur ini bervariasi karena pengaruh gravitasi objek planet lain, terutama Bulan. Kira-kira setiap 100.000 tahun, jalur orbit Bumi berubah dari hampir melingkar menjadi elips.

Perbedaan bentuk orbit Bumi dari lingkaran sempurna dikenal sebagai eksentrisitasnya. Nilai eksentrisitas 0 adalah orbit lingkaran, sedangkan nilai antara 0 dan 1 menggambarkan orbit elips.

Baca juga: Zodiak Libra dan Peluang Promosinya, Capricorn yang berinovasi di bisnisnya, Apakah Virgo Mempunyai Peluang Sama dalam Karier?

jadi Bumi paling dekat dengan Matahari, atau di perihelion, sekitar dua minggu setelah titik balik matahari Desember, saat musim dingin di Belahan Bumi Utara.

Sebaliknya, Bumi berada paling jauh dari Matahari, pada titik aphelion, dua minggu setelah titik balik matahari Juni, ketika Belahan Bumi Utara menikmati bulan-bulan musim panas yang hangat.

Dari Fenomena Aphelion ini kita bisa merasakan dampaknya yaitu mengalami cuaca yg dingin melebihi cuaca dingin sebelumnya, yang akan berdampak meriang flu, batuk sesak nafas dll.

Dengan demikian kita semua kita semua perlu meningkatkan imun dengan banyak-banyak meminum Vitamin atau Suplemen agar imun kita kuat.

Fenomena Aphelion Ini akan berlangsung dari bulan Januari sampai bulan Agustus mendatang.(Aln)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.