Sarco, Kapsul Bunuh diri di Swiss

oleh -19 views
Sarco, kapsul untuk mengakhiri hidup
https://intiraymifund.org/exit-international

INSIDEN24- Sarco kependekan dari Sarkofagus merupakan sebuah alat yang fungsinya untuk mengakhiri hidup (bunuh diri), pada awal Desember 2021 lalu kapsul yang mempunyai bentuk futuristik seperti alat (kapsul) dalam film-film itu dikabarkan telah mengantongi ijin dari badan kajian medis di negara Swiss untuk digunakan di negara tersebut.

Pendiri Exit Internasional Philip Nitschke merupakan sebuah lembaga yang mendesain kapsul Sarco bertempat di Winnellie, Australia.

Nitschke menyampaikan bahwa kapsul bunuh diri ini bisa menambahkan sensasi selebrasi dan perayaan kematian seseorang. “Dia memiliki bentuk yang futuristik seperti sebuah wahana yang akan membawa kita bertualan ke suatu tempat, “ujar Philip Nitschke.

Sejak tahun 1942 Swiss telah melegalkan warganya melakukan aksi bunuh diri, baik dengan pendampingan atau bantuan dokter atau sukarela, sejak tahun 2020 sudah sekitar 1.300 warganya berdatangan ke tempat yang melayani euteunasia untuk mengakhiri hidup.

Berdasarkan perundang-undangan di Swiss, psikiater adalah ahli yang harus memutuskan apakah seseorang memiliki kapasitas mental untuk bunuh diri, baik dengan pendampingan atau sukarela. “Psikiater hadir dengan prasangka dan penilaian mereka sendiri,” kata Nitschke.

Nitschke dan timnya kemudiian mencoba mengembangkan program kecerdasan buatan dengan maksud mengeliminasi variabilitas dan bias untuk mendukung keputusan tersebut.

Namun program yang dikembangkan itu dibantah oleh seorang profesor bidang Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis dan riset Carnigie Mellon University di Pittsburgh, Amerika Serikat, John Hooker.

Menurutnya, metode ini tak berkecukupan untuk bisa memahami alam pikiran seseorang dan berkomunikasi cukup dalam.

“Ini tidak cukup dengan hanya menentukan respons yang tepat atas pertanyaan-pertanyaan. Anda harus memastikan bahwa seseorang berada dalam pemikirannya yang tepat, dan memiliki daya nalar atau penjelasan atau justifikasi yang tinggi dan koheren,” kata Hooker.

Cara Kerja Kapsul Sarco

Didalam kapsul Sarco terdapat sebuah kaleng berisi nitrogen cair tersembunyi di dasar kapsul yang apabila kita menekan tombol tersebut “teleportasi kematian”, maka gas nitrogen cair itu akan segera membanjiri seisi kapsul yang menyebabkan level oksigen drop hingga kurang dari lima presen dalam satu menit.

Dengan menipisnya kadar oksigen dan berlebihnya karbon dioksida dalam darah pada akahirnya menyebabkan kematian.

Berbeda dengan cara kerja kamar gas, dimana orang didalamnya menghirup gas beracun, gas nitrogen tidaklah beracun dan berbau, bahkan faktanya, nitrogen ada berlimpah sekitar 78 persen dalam udara yang kita hirup.***

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.