Petugas Pos WMK Banjarsari Berhasil Mengevakuasi Seekor Kukang di Rumah Warga

oleh -11 views
pengangkapan hewan kukang dilakukan olwh dua orang petugas WMK Banjarsari. (Dok/rls)

INSIDEN24 – Pos WMK Banjarsari malakukan evakuasi Kukang di salhsatu rumah warga Dusun Mekarsari, Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Minggu (09/01/2022).

Penangkapan seekor kukang tersebut berkat adanya laporan dari warga yang rumahnya kedatangan seokor kukang yang berada di kabel listrik.

Abdullah (37) warga Dusun Mekarsari Desa.Cibadak Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, mengatakan dirinya melaporkan adanya kukang ke POS WMK Banjarsari

Menurut Abdullah, seekor kukang terlihat berada di atas kabel listrik menuju ke rumahnya melalui jendela dan langsung masuk ke lantai atas rumah.

Diketahui, bahawa kukang merupakan satwa dilindungi yang memiliki karakter bergerak lamban, namun berbahaya bagi manusia jika memeliharanya.

Bahkan kukang aktif di malam hari ini mempunyai gigi tajam yang jika menggigit manusia dapat menyebabkan infeksi hingga mengakibatkan demam tinggi bahkan kejang kejang

Karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan kata Abdullah ia dan keluarganya tidak ada yang berani menangkap Kukang tersebut.

Baca juga: Tanah Longsor di Dusun Nanggela Rusak Rumah Warga

“Kami takut kukang itu menggigit, atau menyerang kami apalagi ada anak kecil dirumah,” jelas Abdullah.

Kemudian Abdullah dengan segera melaporkan keadaan kukang tersebut yang berada di rumah lantai atas ke pihak Pos WMK Banjarsari.

Sementara petugas POS WMK Banjarsari membenarkan adanya pelaporan warga yang rumahnya didatangi hewan Kukang.

Setelah menerima laporan, Petugas pun segera mendatangi rumah tersebut dengan menggunakan 1 unit Pancar menuju lokasi Dusun Mekarsari Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis.

Pada akhirnya dua orang petugaspun berhasil menangkap seekor kukang tersebut dengan aman dan selamat.

Diketahui hewan yang memiliki nama latin Nycticebus Javanicus itu merupakan spesies asli yang berkembang biak di Jawa bagian Barat dan Tengah.

Populasinya yang sekarang semakin berkurang, sehingga Kukang Jawa tersebut masuk kedalam daftar hewan langka. Sehingga dilindungi oleh hukum.

Olehkarena itu hingga pukul 11.00 WIB situasi di lokasi dinyatakan aman dan petugas pun kembali ke pos wmk Banjarsari dengan membawa seekor Kukang untuk di kembalikan ke habitatnya. (Ceng/Rilis)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.