Akibat Diguyur Hujan, Rumah Seorang Warga Dusun Pangsor Ambruk

oleh -21 views
Rumah Aripin (70) ambruk akibat hujan deras.(Ceng/Dok)

INSIDEN24 – Rumah warga milik Aripin (70) warga di Dusun Pangsor, RT 05, RW 02, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk akibat diguyur hujan Jum’at (14/01/2022).

Kondisi rumah Aripin sebelumnya memang sudah dalam keadaan lapuk, sehingga ketika di guyur hujan deras mengakibatkan rumah tersebut ambruk.

Dalam musibah ambruknya rumah Aripin tersebut beruntung tidak menimbulkan korban jiwa dan luka-luka, karena seluruh penghuni rumah segera keluar saat detik-detik terjadinya rumah ambruk.

Baca juga: Angin Puting Beliung Rusak Atap Rumah Warga

Atap rumah korban terlihat nengenaskan setelah kejadian tersebut, dan ditaksir kerugian material ambruknya rumah Aripin mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala Dusun Pangsor, Suryana, mengungkapkan bahwa musibah ambruknya rumah milik Aripin, terjadi pada Kamis (13/02/2022), sekitar pukul 23.00 WIB.

“Kondisi rumah sudah tua dan lapuk, kemudian terus-terusan diguyur hujan deras sehingga menyebabkan ambruk,”ungkap Suryana.

Baca juga: Bencana Longsor Terjang Panawangan dan Panjalu Ciamis 

Saat peristiwa rumah tersebut ambruk ungkap Suryana, hujan mnguyur di kawasan tersbut cukup lama dan pemilik rumah sedang dalam keadaan tertidur lelap, bersama anaknya.

Beruntung anaknya mendengar suara retakan dari atap rumahnya, saat itu juga langsung menarik bapaknya untuk keluar rumah menyelamatkan diri.

Atap rumah tersebut sudah tidak mampu lagi menahan beban karena bahan penyanggahpun sudah terlihat lapuk, sehingga mudah ambruk.

Baca juga: Tingkatkan Kegiatan Kepolisian Demi Mencegah Tindak Kriminalitas

Dari kejadian itu jelas Suryana, untuk sementara semua penghuni rumah Aripin diungsikan ke tempat yang lebih aman.

“Mereka semua diungsikan karena melihat kondisi rumahnya rusak parah dan tidak bisa ditempati,”kata Suryana.

Suryana, mengingatkan kepada warga masyarakat di wilayah Dusun Pangsor, untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya saat hujan turun.

Musim hujan  di prediksi hingga Februari nanti, jelas Suryana, oleh karena itu kami teus menghimbau warga agar selalu waspada apalagi bila turun hujan deras di sertai dengan angin kencang.(Ceng)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.