Jurnalis Harus Perangi Berita Hoax, Itu Pesan Bupati Ciamis Saat Hadiri Muskorda IJTI Galuh Raya

oleh -0 views
Jurnalis Harus Perangi Berita Hoax

INSIDEN24 – Jurnalis harus perangi berita hoax, itu pesan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat hadir dalam Musyawarah Koordinator Daerah (Muskorda) ke-2 IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Galuh Raya.

Acara digelar Rabu (17/11/2021) pagi di Objek Wisata Hutan Pinus Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut menampilkan acara kesenian tempo dulu seperti debus, lais, dan kesenian lainnya.

Dalam rangkaian acara muskorda ke-2 tersebut terpilih ketua IJTI Galuh Raya baru yakni Yosep yang merupakan reporter Metro tv. Pada acara tersebut langsung dilakukan serah terima jabatan dari ketua lama yakni Yopi Andreas (Net tv) kepada ketua baru terpilih.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Yana D Putra turut hadir dalam acara tersebut.  Herdiat mengajak seluruh insan jurnalis untuk menekan berita hoax yang banyak beredar di masyarakat.

“Saat pandemi berita hoax banyak bertebaran melalui media sosial dan menyebar di masyarakat. Saya mengajak insan jurnalis bersama pemerintah untuk turut serta perangi berita hoax,” katanya.

Menurutnya, dengan posisi IJTI yang  pengurusnya tergabung di televisi nasional harus bisa memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat. Salah satunya agar tidak salah menafsirkan berita yang tidak benar.

“Literasi digital menjadi hal penting dalam memerangi hoax. Insan jurnalis harus bisa membantu masyarakat untuk cerdas dalam memilah mana berita hoax dan mana berita valid,” ujarnya.

Jurnalis Harus Perangi Berita Hoax, Serta Berkolaborasi dengan Organisasi Pers Lainnya

Herdiat pun menyampaikan ucapan selamat kepada kepengurusan IJTI Galuh Raya yang baru. Ia mengharapkan pengurusan baru yang telah di lantik bisa berkolaborasi dengan organisasi pers lainnya.

“Insan pers harus berkolaborasi karena insan media tidak hanya IJTI saja, ada PWI, IPJI dan lainnya. Jika kolaborasi itu semua dapat di laksanakan maka Ciamis akan semakin kuat, solid dan maju,” ucapnya.

Herdiat pun mengakui bahwa peran media sangat penting, terutama sebagai media informasi masyarakat dan kontrol pemerintah.

“Media ini dapat mengangkat dan juga menjatuhkan, namun apabila berita tersebut akurat dan objektif tentu akan dapat mengangkat Ciamis,” ujarnya.

“Saya harap kolaborasi Kabupaten Ciamis bersama seluruh insan media dapat terus terjaga,” ucapnya. (Ceng/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.