Secara Turun Temurun di Desa Cijulang Pelihara Budaya Gotong Royong 

oleh -0 views
Secara Turun Temurun

INSIDEN24 – Secara turun temurun di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, pelihara budaya gotong royong.

Contohnya, pada Sabtu (16/10/2021) pagi, sebanyak 103 orang terjun membersihkan saluran air yang mengaliri 50 hektar sawah dan kolam ke Desa Cijulang dan Desa Sukasetia.

Ketua Kerja Bakti atau Gotong Royong, Dede menjelaskan, seminggu sekali selalu rutin masyarakat adakan gotong royong.

“Kami bersihkan lingkungan agar tidak ada sampah yang berserakan. Atau, rumput yang tumbuh tinggi,” paparnya.

Kata Dede, untuk kali ini, membersihkan saluran air yang kebetulan paling penting untuk mengaliri 50 hektar sawah dan kolam masyarakat. Kebetulan mengalir ke Desa Cijulang dan Desa Sukasetia yang airnya untuk sawah dan kolam.

“Kebetulan juga, saat ini musim hujan, maka air banyak, sehingga harus benar-benar termanfaatkan dengan baik. Sebab, kalau musim kemarau, air tidak ada dan sawah kami pada tandus. Maka, mumpung air banyak, jadi kita pelihara,” ucapnya.

Tujuan lainnya, ungkap Ade, membersihkan saluran air agar tidak ada sumbatan di gorong-gorong. Sebab, kalau tersumbat, tentunya akan timbul luapan dan terjadi banjir.

“Maka, kami antisipasi melakukan pembersihan saluran air, hingga lancar,” jelasnya.

Ade juga mengaku bersyukur, masyarakat di Desa Cijulang ini sangat kompak dalam gotong royong dari sejak dulu.

“Kami sejak dulu sudah secara turun temurun budaya gotong royong terpelihara sampai sekarang dan kompak. Bahkan, sebanyak 103 orang terjun, semuanya bersihkan saluran air,” tuntasnya. (Ceng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.