Site icon INSIDEN24

Tracing Covid-19 Meningkat , RSUD Ciamis dan RSUD Kawali Over Kapasitas

Tracing Covid-19 Meningkat

INSIDEN24– Tracing Covid-19 meningkat , sementara RSUD Ciamis dan RSUD Kawali  sudah over kapasitas.

Hal itu di sampaikan Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya , saat rapat koordinasi untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI. Rapat tersebut di selenggarakan secara virtual dari Ruang Video Conference Kantor Bupati Ciamis, Rabu (21/7/2021).

Herdiat mengumumkan terkait kebijakan perpanjangan pembatasan mobilitas masyarakat yang di sampaikan Presiden RI. Ia mengingatkan, setelah pelaksanaan PPKM Darurat usai nanti, bukan berarti pada kondisi new normal.

“Namun ada perubahan istilah PPKM Darurat menjadi PPKM sesuai levelnya,” ujarnya.

Penegasan Herdiat bukan berarti  new normal, tapi mengganti istilah PPKM Darurat dan PPKM mikro. Istilah itu di tiadakan dan gantinya PPKM Level 4.

“Ini berat bagi kita semua, tetapi harus mengikuti apa kata pemerintah pusat. Karena bagaimana pun kita bergantung ke pemerintah pusat dan memprioritaskan kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, saat ini Kabupaten Ciamis berada di level 3, namun tracing Covid-19 belum menunjukkan angka melandai malah meningkat sampai rata-rata 200 orang per hari. Sementara untuk Bed Occupancy Rate (BOR) RSUD Ciamis dan RSUD Kawali sudah over kapasitas.

“Penanganan Covid-19 di Ciamis belum menunjukkan angka yang melandai secara signifikan. Malah ada peningkatan kasus sampai 200 orang per hari. Hal ini jangan di anggap sepele perlu mengantisipasinya, ” ucapnya.

Kata Herdiat bahwa kondisi RS yang over kapasitas pun harus pihaknya tangani secepatnya.

“Karena bagaimana pun masyarakat dari daerah mana pun harus mendapatkan perawatan atau harus diisolasi,” tuturnya. (Ceng/Rls)

Exit mobile version